7 Aplikasi Pembukuan Online Gratis Untuk Memudahkan Usaha

Salah satu teknologi yang akan memudahkan para pelaku usaha dalam hal mengatasi masalah keuangan adalah aplikasi pembukuan online. Dimana dengan adanya aplikasi pembukuan online gratis ini nantinya para pelaku usaha akan lebih praktis dalam menghitung segala pengeluaran dan pemasukan keuangan. Selain itu, aplikasi pembukuan online juga bisa mengatasi kesalahan seseorang/ human eror seperti kesalahan menghitung dan kehilangan data catatan penjualan.

Aplikasi pembukuan online gratis ini juga nantinya bekerja dengan sistem perhitungan secara otomatis. Para pengguna aplikasi ini juga nantinya akan dapat mengetahui kondisi untung dan rugi secara real time.

Saat ini sudah banyak aplikasi pembukuan online gratis yang bisa anda gunakan dan tentunya memiliki keunggulan yang berbeda beda pada setiap aplikasi. Dan berikut ini merupakan rekomendasi 7 aplikasi pembukuan online gratis untuk memudahkan usaha yang kamu miliki :

Baca Juga : Kumpulan Aplikasi Keuangan Pribadi Gratis Terbaik 2021

1. Cloudbooks

Aplikasi pembukuan online gratis yang pertama adalah cloudbooks. Aplikasi ini hadir dengan dua jenis yakni versi gratis dan berbayar. Dengan aplikasi Cloudbooks versi gratis ini nantinya kamu bisa menggunakan pembukuan online dengan beberapa fitur seperti, membuat faktur, membuat proyek, pelacakan waktu terintegrasi, melacak pengeluaran dan memberikan perkiraan.

2. Pawoon

Rekomendasi aplikasi pembukuan online gratis selanjutnya ada Pawoon. Dimana untuk digunakan sebagai mesin kasir, aplikasi ini hanya membutuhkan waktu yang singkat untuk proses set up awal nya.

Keunggulan lainnya dari aplikasi satu ini yakni dapat digunakan untuk online maupun offline. Semua data transaksi tersimpan di dalam aplikasi dan akan dipindahkan ke sistem setelah Anda dapat koneksi internet. Selain itu, bisa memudahkan pelanggan untuk bayar dengan lebih dari satu metode pembayaran.

3. Moodah

Moodah juga merupakan rekomendasi aplikasi pembukuan online gratis yang bisa anda gunakan. Dimana aplikasi satu ini memiliki fitur bookkeeping terpadu dan akses untuk mengelola bisnis secara real time. Dengan adanya fitur yang lengkap ini nantinya anda bisa membuat pencatatan transaksi penjualan, pengelolaan utang dan piutang, laporan neraca keuangan, laba rugi, dan arus kas instan.

Keunggulan lainnya dari aplikasi pembukuan online gratis moodah ini, anda bisa mengaksesnya cukup melalui smartphone saja. Semua laporan penjualan terekam otomatis dan dapat diunduh dalam bentuk excel dan PDF. Menariknya lagi, aplikasi pembukuan usaha ini gratis selamanya.

4. Akaunting

Aplikasi pembukuan online gratis akaunting ini memiliki kelebihan mulai dari dapat melakukan invoice, menyinkronkan akun, melacak pengeluaran, menyiapkan tagihan berulang, pengelolaan vendor dan pengelolaan pelanggan.

Selain itu, untuk menikmati fitur yang ada pada aplikasi satu ini tidak perlu membayar, hanya saja untuk mengakses fitur yang lebih canggih seperti fitur pembayaran online kamu perlu mengunduh aplikasi berbayar per tahunnya.

Baca Juga : 3 Aplikasi Kasir Indomaret Terbaik Yang Cocok Untuk Usaha Retail

5. Moka

Sama seperti aplikasi pembukuan online gratis yang sudah dijelaskan diatas, aplikasi moka juga hadir dengan menawarkan berbagai kemudahan untuk penggunanya. Keunggulan aplikasi satu ini antara lain Laporan penjualan yang dapat diakses kapan saja, manajemen promosi untuk menjaring konsumen, manajemen meja, manajemen pelanggan, manajemen inventaris, hingga manajemen karyawan.

6. Equip Pos

Equip Pos merupakan aplikasi pembukuan gratis online yang berbasis cloud. Dengan menggunakan aplikasi ini, dapat memudahkan anda dalam mengelola usaha dari berbagai skala. Aplikasi ini dapat diintegrasikan dengan barcode scanner dan sistem lainnya, seperti sistem manajemen inventaris, sistem akuntansi, dan lain-lain.

Selain itu, kelebihan lainnya yang dimiliki equip pos adalah adanya fitur Multi-User Management, jumlah penggunanya tak terbatas. Hal ini tentunya bisa digunakan oleh berapa pun pengguna di setiap cabang bisnis tanpa biaya tambahan. Ditambah, fitur Transaction Suspension yang memungkinkan Anda melakukan penangguhan transaksi saat terjadi keadaan darurat.

7. Kledo

Aplikasi pembukuan gratis online yang terakhir adalah Kledo. Dimana aplikasi buatan tanah air ini akan menyediakan beberapa fitur yang menarik versi basic secara gratis. Dengan versi gratisnya kamu dapat membuat laporan keuangan serta dapat memantau masuk keluarnya uang dalam jalur yang jelas. Meskipun versi gratisnya terbatas, tidak ada salahnya kamu mencobanya dulu.

Selain itu, penggunanya juga bisa mengupgrade ke akun pro hanya dengan biaya Rp. 100 ribu per bulan. Versi berbayarnya ini nantinya kamu bisa mendapatkan beberapa fitur seperti pembayaran online, dokumen inventory atau stock, cloud, dan layanan bantuan 24 jam dari pihak pengembang jika masalah teknis terjadi.

Dengan adanya aplikasi pembukuan online gratis ini, kamu bisa dengan mudah untuk melakukan pencatatan keuangan agar arus kas bisnismu jadi lebih terarah sehingga perkembangan usahamu menjadi lebih pesat lagi.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *