Rekomendasi Aplikasi Pengubah Suara Menjadi Teks

Rekomendasi Aplikasi Pengubah Suara Menjadi Teks – Dalam dunia kerja, terkadang kita dituntut untuk mengerjakan tugas dengan cepat. Misalnya, seorang notulen rapat atau jurnalis yang sekarang menangani suatu kejadian dan diminta oleh atasan segera membuat hasil liputan. Bagaimanapun, tidak setiap orang menerima kelebihan untuk menyelesaikan tugas tepat waktu. Mungkin kamu adalah salah satu orang yang diberi kelebihan untuk menulis secara cepat. Namun, tetap saja akan ada resiko atau kendala jika menulis cepat cepat, dimana data atau informasi akan rentan sekali salah ketik atau typo.

Saat ini, di zaman teknologi yang sudah canggih, banyak aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk memecahkan masalah, yaitu tentang menulis. Salah satunya adalah aplikasi pengubah suara menjadi teks yang bisa kamu manfaatkan untuk mengatasi masalahmu dalam hal menulis cepat. Aplikasi pengubah suara menjadi teks merupakan sebuah teknologi yang disebut Speech to Text (STT). STT atau speech to text adalah teknologi yang dapat mengubah audio menjadi teks. Berbeda dengan Text to Speech (TTS) yang berfungsi untuk mengubah teks menjadi bentuk suara.

Saat ini, sudah banyak berbagai aplikasi yang mendukung penggunaan teknologi Speech to Text. Dan berikut ini merupakan rekomendasi aplikasi pengubah suara menjadi teks yang bisa kamu unduh dan gunakan untuk membantu kinerja menulis agar semakin cepat.

Rekomendasi Aplikasi Pengubah Suara Menjadi Teks

  • G-Board/Google Keyboard

Google Keyboard merupakan aplikasi Speech to Text yang digandrungi oleh masyarakat. aplikasi pengubah suara menjadi teks satu ini siap membantu penggunanya melakukan fungsi Speech to Text dengan mudah, karena tampilannya yang sederhana. Proses mengkonversi suara menjadi tulisan pada aplikasi ini pun terbilang cepat.

Bagaimanapun, Anda dapat menggunakan aplikasi ini secara gratis. Beberapa ponsel pintar mungkin sudah menggunakan G-Board, jadi Anda tidak perlu mendownloadnya. Namun, jika belum terinstal, yang harus Anda lakukan sekarang adalah melakukan pengunduhan. Tinggal tekan tombol mikrofon dan rekam audio, maka suaramu akan diubah menjadi tulisan. Tidak hanya itu, fitur lain dari aplikasi ini adalah mendukung lebih dari 60 bahasa, yang paling umum adalah bahasa Indonesia dan bahasa Inggris, yang keduanya tersedia melalui fitur Google Terjemahan.

  • Speechnotes

Speechnotes akan membantu Anda dalam mengonversi file audio ke format tulisan, sesuai dengan namanya. Kecerdasan buatan Speech to Text (STT) di aplikasi ini juga memungkinkan kamu membuat teks di saat bersamaan ketika aplikasi mendikte ejaan suara. Selain itu, meskipun tidak ada koneksi online, aplikasi ini dapat digunakan. Untuk menggunakan Speechnotes, Anda hanya cukup menginstal aplikasi pengubah suara menjadi teks ini di smartphone anda.

  • Live Transcribe

Rekomendasi aplikasi pengubah suara menjadi teks selanjutnya adalah aplikasi Live Transcribe. Aplikasi ini akan mendukung upaya mengonversi audio ke tulisan pada waktu yang sama (real-time). Aplikasi ini dapat dimanfaatkan oleh pengguna Android atau iPhone. Hasil tulisan transkrip di Live Transcribe cukup baik. Hanya saja, Anda harus mewaspadai beberapa pengejaan kesalahan yang mungkin terjadi selama proses konversi. Anda juga harus menyadari bahwa aplikasi dapat secara otomatis mendeteksi dan mengkategorikan semua jenis kebisingan.

  • Otter

Rekomendasi aplikasi pengubah suara menjadi teks yang terakhir ada Otter. Aplikasi satu ini banyak digunakan oleh siswa maupun mahasiswa. Otter dapat membantu penggunanya dalam menentukan kebutuhan mereka untuk transkripsi, wawancara, dan belajar mengajar. Otter diciptakan oleh aplikasi Ambient Voice Intelligence (AVI), yang memastikan bahwa sistem berjalan dengan baik. Aplikasi ini digandrungi para siswa dan pengajar dengan tingkat akurasi yang cukup tinggi.