Aplikasi Edit Video Di Macbook
Aplikasi Edit Video Di Macbook

Aplikasi Edit Video Di Macbook

Aplikasi edit video di macbook sangat cocok untuk para anak muda dalam melakukan aktivitas editing. Apalagi saat ini makin banyak banget anak muda yang tertarik untuk menjadi YouTuber, video creator dan video editor. Nah, untuk Anda pengguna Macbook yang kerap melakukan editing video, berikut ini kami sajikan daftar rekomendasi aplikasi terbaik untuk menunjang aktivitas Anda itu. Simak penjelasan selengkapnya tentang beberapa aplikasi edit video di macbook berikut ini.

Aplikasi Edit Video Di Macbook

  • iMovie

Aplikasi editing pertama yang paling recommended untuk pengguna Macbook ialah iMovie. Aplikasi iMovie bawaan Mac yang merupakan bagian dari iLife suite ini, sangat mudah untuk digunakan dengan menawarkan berbagai fitur untuk penggunaan pribadi seperti face recognition, tema, efek dan masih banyak animasi lainnya. Jika Anda tertarik dengan aplikasi iMovie, maka silahkan download di Play Store.

  • Kdenlive

Aplikasi Kdelive merupakan salah satu aplikasi editing video yang terkenal akan kompatibilitasnya pada platform Linux. Namun kabar baiknya, aplikasi Kdelive ini juga dapat berjalan pada Macbook berkat dukungan dan bantuan dari MacPorts. Penggunannya yang mudah menjadikan aplikasi Kdelive ini sangat direkomendasikan untuk digunakan.

  • Jahshaka

Aplikasi Jahshaka yang memang ditujukan untuk tujuan editing video ini, sangat kompatibel dijalankan pada platform Mac, Linux dan juga Windows. Dalam perjalannya aplikasi Jahshaka ini masih dalam tahap pengembangan sehingga terdapat berbagai fitur yang mungkin tidak semaksimal software serupa lainnya.

  • VideoLan Movie Creator

Aplikasi VideoLan Movie Creator yang juga masih dalam tahap pengembangan ini, juga memiliki kemudahan penggunaan serta memiliki alasan yang tepat jika digunakan karena sifatnya yang gratis. Selain itu aplikasi VideoLan Movie Creator ini juga terkenal sangat kompatibel untuk dijalankan di berbagai platform OS.

  • Avidemux

Aplikasi Avidemux ini merupakan salah satu aplikasi editing yang lebih ditujukan kepada seorang yang masih pemula. Dimana aplikasi Avidemux ini terkenal cukup sederhana dengan fitur-fitur yang cukup mendasar dengan dukungan berbagai format input dan juga output.

  • Lightworks

Aplikasi Lightworks ini menawarkan banyak versi gratis dan juga berbayar. Pengunaannya yang cukup mudah serta dukungan berbagai fitur yang cukup handal menjadikan aplikasi Lightworks ini sangat direkomendasikan untuk Anda pengguna Macbook, yang kerap melakukan aktivitas editing video.

  • Final Cut Pro X

Aplikasi Final Cut Pro X dulu namanya adalah Final Cut Pro, yang merupakan aplikasi video editor non-linear buatan apple (dulu dibuat macromedia) yang khusus untuk Macbook. Jika aplikasi iMovie benar-benar gratis, maka aplikasi Final Cut Pro harganya Rp 4,4 juta.

Fitur Unggulan Yang Di Miliki Aplikasi Final Cut Pro X:

  1. Memiliki Grading color tingkat tinggi yang support HDR dan ProRes RAW
  2. Memiliki Edit 360° video yang support VR
  3. Sangat optimal jika menggunakan Mac Pro
  4. Memiliki Tool organize yang sangat berguna untuk mengorganisasi file editing
  5. Memiliki Motion Graphics (Membuat 2D / 3D titles yang keren)
  6. Memiliki Multicam
  7. Dapat mengurangi video noise

Aplikasi Final Cut Pro ini bisa dikatakan aplikasi tandingan Adobe Premiere, karena keduanya sama-sama telah menjadi pilihan utama para video editor profesional. Minimal spesifikasi untuk menggunakan aplikasi Final Cut Pro ini adalah macOS 10.13, RAM 4GB dan VRAM 256MB.

  • Apple iMovie

Aplikasi Apple iMovie termasuk aplikasi edit video termudah saat ini. Jika ingin memiliki aplikasi Apple iMovie ini, Anda bisa dapatkan dengan mengunduh gratis di laman resmi apple yaitu www.apple.com dan aplikasi Apple iMovie ini gratis bagi pelanggan Apple.

Kelebihan Dari Aplikasi Apple iMovie :

  • Memiliki Shortcut keyboard yang lengkap (ganti frame, edit end dan start point)
  • Memiliki Timeline editor yang mudah digunakan
  • Memiliki Movie sharing ke berbagai platform (sosmed, email, dll)
  • Memiliki Fitur audio yang lengkap, sound efek, editor
  • Memiliki Kontrol greenscreen
  • Memiliki Theme / template trailer movie yang bisa digunakan
  • Sangat mudah untuk memotong dan menggabungkan banyak video menjadi satu
  • Memiliki People detection
  • Dapat mengedit dan eksport hingga resolusi 4K @60fps

Minimal Mac device dengan PowerPC G4, PowerPC G5, ataupun bisa juga dengan Intel Core processor (512 MB of RAM required for HDV support) pastikan kalau RAM Anda tersedia sebesar 256MB didukung sistem operasi Mac OS X v10.3.9 or v10.4.3 ataupun yang terbaru. Aplikasi Apple iMovie juga telah tersedia di eksositem apple lain seperti iPhone dan iPad.