Aplikasi Parental Control Terbaik
Aplikasi Parental Control Terbaik

Aplikasi Parental Control Terbaik

Aplikasi parental control terbaik – Saat ini anak-anak memiliki akses ke teknologi digital lebih banyak daripada generasi-generasi sebelumnya. Yang mana banyak dari anak-anak terpapar teknologi sejak usia muda, bahkan sejak masih balita. Sebagai orangtua yang bertanggung jawab, tentunya Anda sangat ingin memastikan kalau anak-anak Anda menggunakan perangkat ini dengan bijak. Memastikan kalau mereka tidak menyalahgunakan akses mereka dan juga konten yang mereka lihat sesuai untuk usia mereka.

Maka untuk mendukung hal ini, Anda memerlukan aplikasi parental control yang dapat diinstall di perangkat Anda. Berikut ini penjelasan selengkapnya tentang beberapa aplikasi parental control terbaik, yang bisa Anda gunakan.

Aplikasi Parental Control Terbaik

  • Find My Kids

Find My Kids merupakan sebuah aplikasi parental control yang memungkinkan Anda selaku orangtua dapat melacak lokasi anak setiap saat. Dengan begitu, Anda dapat melihat di mana anak-anak Anda berada dan ke mana saja anak-anak Anda pergi. Aplikasi Find My Kids ini sederhana dan juga sangat mudah digunakan. Anda cukup dengan membukanya, dan Anda dapat langsung melihat di mana semua anak berada.

Ada juga fitur menarik lainnya di aplikasi Find My Kids ini, termasuk pemberitahuan jika HP anak mengalami masalah saat mengirim lokasi, dan Anda juga dapat melihat aplikasi apa yang anak-anak  gunakan. Di aplikasi Find My Kids ini juga ada beberapa kontrol keamanan, monitor baterai untuk perangkat anak, dan obrolan keluarga. Aplikasi Find My Kids ini tersedia dalam versi gratis dan berbayar dengan fitur tambahan tentunya.

  • Google Family Link

Google Family Link merupakan aplikasi parental control yang banyak diunduh di Google Play Store. Dengan aplikasi Google Family Link ini, Anda bisa mendapatkan kepuasan melihat semua yang anak-anak Anda lakukan dengan perangkat Android miliknya.

Aplikasi Googel Family Link ini memiliki kelebihan berupa fiturnya yang sangat banyak, dan juga terintegrasi langsung ke dalam OS Android itu sendiri. Aplikasi Google Family Link ini memiliki fitur yang tidak dimiliki oleh aplikasi parental control lain. Adapun fitur unggulan aplikasi Google Family Link ialah memiliki kemampuan untuk melihat semua aplikasi yang digunakan anak, mengetahui lokasi mereka, melihat kebiasaan penggunaan HP, dan juga dapat mengunci perangkat anak.

  • Safe Lagoon

Aplikasi Safe Lagoon ini hampir mirip dengan aplikasi Google Family Link, tetapi versi yang lebih ringan. Dengan aplikasi Safe Lagoon ini, Andaa dapat melihat aplikasi dan game yang sedang digunakan anak-anak Anda. Selain itu, Anda juga dapat menemukan lokasi anak, mengontrol batas waktu di aplikasi dan game tertentu, dan Anda juga dapat mengunci HP jika perlu.

Selain itu, Anda juga dapat memantau pesan instan, mengatur lokasi yang tidak dapat mereka kunjungi, dan Anda juga dapat melakukan beberapa hal lainnya. Secara umum, aplikasi Safe Lagoon ini, merupakan alternatif Google Family Link karena lebih ringan tapi tidak memakan banyak ruang.

  • AppLock by IVYMOBILE

Aplikasi AppLock ini memungkinkan Anda untuk memasang kata sandi di aplikasi yang Anda inginkan. Dengan demikian, anak-anak Anda tidak dapat membuka aplikasi sensitif, seperti Facebook, Instagram, atau pun aplikasi perbankan lainnya.

  • Norton Family

Norton Family merupakan sebuah pilihan yang bagus untuk anak-anak yang menggunakan Android dan Windows. Adapun beberapa fitur unggulan aplikasi Norton Family ini ialah memiliki kemampuan pelacakan lokasi, penjadwalan waktu, dan pemfilteran web, yang berfungsi untuk perangkat lunak Windows dan juga Android. Ada juga fitur yang disebut School Time untuk menjaga anak-anak Anda, agar tetap fokus selama waktu kelas belajar jarak jauh.

  • Parental Control – Screen Time & Location Tracker

Parental Control – Screen Time & Location Tracker merupakan sebuah aplikasi yang membantu Anda dalam mengelola dan mengontrol jumlah waktu yang dihabiskan anak-anak Anda di perangkat Android. Selain itu, aplikasi Parental Control – Screen Time & Location Tracker ini, juga menyediakan pemfilteran web yang kuat, pelacakan lokasi, dan pemantauan media sosial, termasuk video YouTube yang ditonton oleh anak-anak.

Dari perangkat Anda, Anda dapat membatasi penggunaan aplikasi harian anak-anak Anda, memblokir aplikasi tertentu, menyetujui unduhan aplikasi, memblokir waktu tertentu dalam sehari, dan sebagainya. Dengan demikian, ini membantu anak-anak Anda untuk memahami batas waktu yang sehat dalam menggunakan gadget.

  • FamiSafe

FamiSafe juga merupakan aplikasi parental control untuk anak usia 2-18 tahun. Aplikasi FamiSafe adalah aplikasi parental control yang memungkinkan orangtua untuk melakukan tugas pengasuhan secara digital.

Aplikasi FamiSafe ini dapat melacak lokasi anak, menampilkan riwayat lokasi mereka, dan juga dapat mengatur kelonggaran waktu layar dan jadwal untuk pengasuhan dasar. Aplikasi FamiSafe ini juga dapat mendeteksi dan mengirimkan peringatan instan dari teks berisiko dan gambar porno. Untuk remaja yang berusia 16-18 tahun, ada fitur Driving Report yang mencatat aktivitas mengemudi remaja untuk membantu mereka, di dalam membentuk kebiasaan mengemudi yang aman.