Fungsi Dan Manfaat Dari Community Cloud

akusatu.com – Fungsi dan manfaat dari community cl0ud, akan kami jelaskan di  kali ini, Community Cloud ialah bentuk hybrid, dari private cloud. Community Cloud merupakan platform multi-penyewa, yang sangat memungkinkan untuk berbagai organisasi, untuk bisa bekerja di platform bersama. Berikut penjelasan tentang fungsi dan manfaat bagi community cloud :

Fungsi dan manfaat dari community cl0ud

  • Fungsi Dari Penggunaan Cloud Komunitas

Fungsi dari penggunaan cloud komunitas-Penyedia cloud ini sudah mengembangkan penawaran Community Cloud, dan banyak organisasi yang sudah melihat manfaatnya. Daftar berikut menunjukkan berbagai skenario utama model Community Cloud yang sangat bermanfaat bagi organisasi yang berpartisipasi.

  1. Sebagian departemen pemerintah yang melakukan transaksi satu dengan yang lain bisa mempunyai sistem pemrosesan mereka, pada infrastruktur bersama. Dengan adanya pengaturan ini membuatnya hemat biaya untuk para penyewa, bahkan bisa mengurangi lalu lintas data mereka.
  2. Agen federal di Amerika Serikat (AS). Entitas pemerintah di negara AS yang mempunyai persyaratan yang sangat serupa, terkait tingkat keamanannya, audit, dan privasinya bisa menggunakan Community Cloud. Sebab berbasis komunitas, pengguna hanya cukup percaya diri untuk berinvestasi dalam platform proyek mereka.
  3. Sebagian perusahaan mungkin juga membutuhkan sistem ataupun aplikasi tertentu yang dihosting di layanan cloud. Penyedia cloud sangat memungkinkan para pengguna untuk bisa terhubung ke lingkungan yang sama bahkan mengelompokkan sesi mereka secara logis. Dengan pengaturan seperti itu dapat menghilangkan kebutuhan untuk memiliki server terpisah untuk semua klien yang memiliki niat yang sama.
  4. Agensi juga bisa menggunakan model ini untuk menguji aplikasi dengan kebutuhan keamanan tingkatan atas daripada menggunakan Cloud Publik. Maka dari itu dengan Cloud Komunitas, bisa menjadi peluang besar untuk dapat menguji fitur-fitur penawaran Public Cloud.
  • Manfaat Penggunaan Cloud Komunitas

Manfaat penggunaan Clound Komunitas adalah sebagai berikut:

  1. Community Cloud sangat bermanfaat bagi organisasi di komunitas, baik secara individu ataupun kolektif. Organisasi tidak perlu lagi khawatir tentang masalah keamanan yang bersangkutan  dengan Public Cloud disebabkan oleh grup pengguna yang tertutup.
  2. Jenis cloud computing baru-baru ini mempunyai potensi yang besar bagi bisnis yang mencari layanan cloud hemat biaya untuk dapat berkolaborasi dalam proyek bersama, sebab sudah dilengkapi dengan banyak keuntungan.
  3. Community Cloud merupakan sistem terbuka, dan mereka juga menghapus ketergantungan yang dimiliki oleh organisasi pada penyedia layanan cloud. Organisasi bisa mencapai banyak manfaat sekaligus menghindari kerugian dari cloud publik dan juga privat.
  • Fleksibilitas Dan Juga Skalabilitas

  1. Memastikan kompatibilitas di antara penggunanya, membuat mereka untuk bisa memodifikasi properti yang sesuai dengan kasus penggunaan bagi masing-masing. Mereka juga bisa membuat perusahaan, bisa berinteraksi dengan para karyawan jarak jauh mereka dan juga bisa mendukung penggunaan perangkat yang berbeda, baik itu handphone ataupun tablet. Dengan adanya ini membuat solusi cloud jenis ini lebih fleksibel terhadap permintaan penggunanya.
  2. Terdiri dari komunitas pengguna, dengan demikian, bisa diskalakan dalam bermacam aspek seperti sumber daya perangkat keras, layanan, dan juga tenaga kerja. Ini dapat memperhitungkan pertumbuhan permintaan, bahkan anda hanya perlu meningkatkan basis pengguna.
  • Keamanan dan Kepatuhan

Keamanan data dan juga kepatuhan terhadap otoritas regulasi terkait. Mengopromikan keamanan data satu dengan yang lain, bahkan tidak menguntungkan siapa pun di comunity cloud. Para pengguna dapat mengonfigurasi bermacam tingkat keamanan, untuk data mereka. Kasus penggunaan umum diantara lain:

  1. Kemampuan untuk dapat memblokir pengguna dari mengedit dan juga mengunduh kumpulan data tertentu.
  2. Membuat data menjadi sensitif tunduk pada peraturan yang ketat tentang siapa yang memiliki akses ke Berbagi data yang sensitif unik, bagi organisasi tertentu akan sangatt membahayakan semua anggota yang terlibat.
  3. Kelebihan model Community Cloud ialah bisa memenuhi kebutuhan kelompok para pengguna tertentu. Tapi, sangat menjanjikan untuk melihat kalau cloud computing ini berkembang mengikuti perkembangan teknologi, dan juga akan terus memfasilitasi parra pengguna dengan model layanan dan juga infrastruktur terbaik yang sudah tersedia. Dengan munculnya solusi baru ini, yaitu Community Cloud dan juga Bare Metal Cloud, bisa menemukan tempatnya di pasar.

Sekian penjelasan dari akusatu.com tentang fungsi dan manfaat dari community claud. Semoga menambah wawasan anda dan semoga bermanfaat ya! Terimakasih.