Apa Saja Fitur Desktop Beserta Fungsinya
Apa Saja Fitur Desktop Beserta Fungsinya

Apa Saja Fitur Desktop Beserta Fungsinya

Apa Saja Fitur Desktop Beserta Fungsinya – Dilansir dari Tech Target, desktop adalah area tampilan komputer yang terletak di halaman utama. Yang mana saat Anda hendak mengaktifkan PC atau laptop, Anda akan di suguhkan dengan beberapa objek atau aplikasi tertentu. Seperti folder, file, juga beragam aplikasi lainnya.

Adapun menu dan aplikasi yang tersedia, biasanya berjejer rapi di bagian layar utama desktop. Kemudian Anda akan mulai menggunakannya dengan mengklik salah 1 aplikasi yang berjejer di desktop.

Tidak hanya mengakses beragam aplikasi, biasanya Anda juga akan mengganti beragam wallpaper sesuai dengan yang Anda inginkan. Biasanya desktop juga sering menjadi tempat untuk menyimpan dan mengakses file atau item tertentu yang sering Anda gunakan. Sehingga jika Anda akan menggunakannya lagi, Anda tidak akan susah untuk mengaksesnya.

Kemudian ada beberapa fitur-fitur yang bisa Anda temui, berikut ini adalah artikel yang akan menjelaskan tentang apa saja fitur Desktop beserta fungsinya.

Apa Saja Fitur Desktop Beserta Fungsinya

  • Wallpaper

Wallpaper adalah bagian utama dan bagian depan tampilan pada desktop, yang bisa Anda ubah tampilan wallpapernya sesuai dengan yang diinginkan.

Cara mengubahnya yaitu:

  1. Cukup klik kanan dan pilih “Personalize”.
  2. Lalu ubah wallpaper dengan menggunakan gambar default atau sesuai dengan yang Anda inginkan.
  • Widget

Widget juga menyediakan berbagai macam cara agar mudah untuk mengakses fungsi tertentu, Seperti widget akan menampilkan jam, kalender, preview aplikasi, dan lain-lain.

  • Taskbar

Taskbar berfungsi untuk mengakses beberapa program dengan cepat. Biasanya dalam taskbar akan menampilkan ragam aplikasi.

  • Tombol Windows

Tombol ikon Windows  biasanya terletak di bagian pojok atas atau bawah desktop. Adapun fungsinya yaitu memuat beragam menu utama Windows, contohnya seperti menu pengaturan, power, pictures, dan lain-lain.

  • Aplikasi, folder dan file

Desktop juga menampilkan berbagai macam aplikasi, file, serta folder yang sering Anda buka. Sehingga aplikasi yang terpampang di layar desktop akan sangat memudahkan Anda untuk mengakses fungsi-fungsinya. Salah 1 contohnya yaitu aplikasi peramban, seperti Google Chrome, Mozilla Firefox, dan lain-lain.

Namun tidak semua orang akan memajang beragam aplikasi di layar desktop. Sebagian  justru meletakkannya di bagian taskbar atau pun tidak sama sekali. Sehingga jika ingin menggunakan salah 1 aplikasinya, Anda harus mencarinya terlebih dahulu di menu utama Windows. Untuk itu selain dari fungsi utamanya, desktop juga dapat disesuaikan dengan preferensi tiap-tiap pengguna.