Aplikasi Pembuat Musik EDM
Aplikasi Pembuat Musik EDM

Aplikasi Pembuat Musik EDM

Aplikasi pembuat musik edm – Saat ini Genre musik EDM (Electronic Dance Music) tengah digandrungi oleh Millennials dan Gen Z. Musik beraliran EDM memiliki banyak dropbeat serta filter dan juga efek suara yang ear-catching. Sehingga jenis musik ini begitu mudah untuk dinikmati dan juga punya banyak basis penggemar. Berikut penjelasan selengkapnya tentang aplikasi pembuat musik edm.

Aplikasi Pembuat Musik EDM

  • FL Studio by Image Line

FL Studio merupakan aplikasi paling populer saat ini, karena dianggap memiliki interface yang simple dan juga user friendly, apalagi bagi pemula. Aplikasi FL Studio ini, sangat memudahkan para beginner untuk mengenal elemen-elemen dalam memproduksi musik elektronik. Karena aplikasi FL Studio punya standar protokol yang mencakup pitch shiftingcorrection dan time-stretch dari musik yang Anda buat.

Anda bisa menggunakan MIDI keyboard dan merekam vokal Anda dengan menggunakan mikrofon. Setelahnya Anda bisa melakukan mixing dan editing standar sebagai langkah awal dalam mencoba DAW ini. Aplikasi FL Studio ini juga punya banyak fitur advance yang tentu akan membuat musik Anda makin oke. Tapi sebelumnya Anda harus familiar dengan segala fitur, channel maupun efek yang ditawarkan oleh DAW yang satu ini.

  • Logic Pro by Apple

Aplikasi Logic Pro menawarkan fitur-fitur unggulan seperti track consolidation atau track stack, yang memudahkan Anda dalam proses pembuatan lagu, dan juga score editor yang mengizinkan membuat MIDI versi Anda sendiri. Aplikasi Logic Pro ini, juga memiliki fitur instrument layering; yaitu sebuah mixer tool dan memberikan benefit bagi Anda dalam hal plug-in control. Tak ketinggalan fitur virtual drummer dapat membuat Anda lebih produktif dalam menggunakan aplikasi Logic Pro ini. Yang mana Virtual drummer merupakan sebuah set virtual dari drum yang interaktif dan juga programmable.

Meski merupakan set visual digital, tapi suara yang dihasilkan oleh fitur ini terdengar natural dan juga sama persis seperti drum Anda sungguhan. Ditambah lagi koleksi synth, loop collection serta packs yang ada akan membuat Anda lebih mudah ketika memproduksi sebuah musik. Bagi yang sering menggunakan controller dan juga pad, segala fitur yang ada di aplikasi Logic Pro bisa menjadi nilai plus untuk memperkaya sound library Anda.

  • Ableton Live

Aplikasi Ableton selalu menawarkan inovasi fitur serta efek audio yang tidak kalah bagusnya dibanding DAW lainnya. Aplikasi Ableton Live ini menawarkan multi-track recording dengan jumlah audio/MIDI yang tanpa batas, dan juga fitur cut/paste/splice serta 23 sound libraries (Yang kira-kira memuat hingga 50 GB dari berbagai jenis suara, audio serta instrument pack).

  • ACID by MAGIX

Aplikasi ACID ini telah menawarkan fitur-fitur esensial yang memang harus diketahui oleh pemula, di antaranya ada recordingloop audio track dan juga MIDI support. Yang mana DAW ini punya sekitar 3000 jenis audio loop. Kekurangan dari aplikasi ACID ialah performanya cenderung lambat ketika berurusan dengan penggabungan MIDI sequence.

  • Cubase by Steinberg

Aplikasi Cubase ini punya signature key dalam tiap suara scoring dan instrument pack, juga drum editor. Fitur key editor DAW ini telah mengizinkan Anda untuk mengedit trek MIDI secara manual. Aplikasi Cubase juga memiliki direktori suara (Sound) paling besar di antara DAW lainnya. Bahkan aplikasi Cubase ini punya apa yang disebut HALion Sonic SE 2 dengan banyak sekali synth sound. Anda juga dapat menikmati Groove Agent SE 4 yang memuat hingga 30 drum, serta fitur lainnya seperti EMD kit, LoopMash FX dan lain sebagainya.