Bentuk Atau Jenis Printer Yang Menggunakan Tinta Toner Adalah

Printer adalah perangkat elektromekanis yang mengubah teks dan dokumen grafis dari bentuk elektronik digital ke bentuk fisik. Printer termasuk perangkat eksternal komputer yang bertugas mengambil data dari komputer yang berupa soft file kemudian akan mencetaknya berupa hard copy menggunakan kertas. Printer berfungsi sebagai alat untuk mencetak keluaran dari proses yang dilakukan oleh komputer baik berupa tulisan ataupun gambar secara langsung menggunakan media kertas sebagai alat mencetak. Lantas bentuk atau jenis printer yang menggunakan tinta toner adalah ?

JENIS-JENIS PRINTER

Printer secara umum dikategorikan menjadi 2 kategori yaitu printer impact dan printer non-impact. Contoh printer impact adalah printer Daisy wheel dan printer Dot Matrix. Printer impact adalah kategori printer yang digunakan untuk membuat surat sedangkan printer non-impact adalah printer yang bekerja dengan menggunkan tinta. Contoh printer non-impact adalah printer Ink-jet dan printer Laser-jet.

Baca Juga : Bagaimana cara membuat akun OpenSea ?

Jadi Bentuk Atau Jenis Printer Yang Menggunakan Tinta Toner Adalah printer non-impact, dimana printer non impact terdapat 2 jenis printer yakni :

1. Printer Laser Jet

Printer Laser Jet adalah jenis printer yang paling bagus kualitasnya dibandingkan type lainnya. Pada Printer Laser Jet media pencetaknya menggunakan serbuk tinta atau bubuk toner dan memanfaatkan inframerah. Printer Laser Jet memiliki kecepatan cetak yang tinggi dan tergolong mahal. Kerja Printer Laser Jet serupa dengan mesin foto copy yaitu sama-sama menggunakan photographic drum dengan kualitas yang dihasilkan cepat dan hasil outputnya yang tajam.

Cara kerja printer laser Jet adalah menggunakan prinsip elektrik statis dimana awalnya photoreceptor drum (OPC Drum) diberi muatan positif oleh primary charging Roller (PCR) dengan memberikan arus listrik (proses terjadi didalam cartridge) kemudian printer menyemprotkan sinar laser yang sangat kecil melewati permukaan photoreceptor drum untuk mebentuk image atau tulisan sesuai data softfile dari komputer. Sinar laser menyorotkan cahaya pada drum untuk membentuk titik dan mematikan cahaya untuk tempat kosong perhalaman. Sinar laser tidak bergerak dengan sendirinya namun dipantulkan melalui cermin yang bergerak sendiri dan sinar laser pasti berhenti sendiri pada titik di photoreceptor drum dan membentuk imege electrostatik.

2. Printer Ink-Jet

Printer Ink-Jet adalah media pencetak yang menggunakan tinta sebagai media pencetaknya. Printer Ink-Jet memiliki resolusi mencapai 5760 x 1440 dpi. Printer Ink-Jet menggunakan teknologi dor on demand atau cara menyemprotkan titik-titik kecil tinta pada kertas melalui nozzle atau lubang pipa yang sangat kecil. Warna-warna utama tinta yang digunakan adalah Merah/magenta, hijau/cyan dan kuning (CYMK).

Cara kerja Printer Ink-Jet adalah Heater ditempatkan di dasar kanal tinta dekat nozzle printhead dengan adanya trigger menyebabkan pemanasan cepat pada tinta di atas titik didih, trigger ini menyebabkan perubahan dari bentuk cair menjadi uap yang menyebabkan ekspansi tinta dan memaksa tinta keluar dari nozzle printhead. Tetesan tinta tersebut akan putus tiba-tiba dan gelembung akan kembali menyentuh heater kemudian terjadi tetesan berikutnya untuk tembak. Proses ini terjadi berulang-ulang dan terjadi ribuan kali per detik. Ada 2 type konfigurasi untuk thermal printhead yaitu Roofshooter dan Edgeshooter.

Cara kerja Roofshooter adalah mengeluarkan tinta secara langsung dari inductor dan gelembung yang dihasilkan berjarak pendek ke nozzle sehingga kapasitas kemampuan untuk pengulangan proses lebih besar. Supply tinta ditempatkan dibawah inductor transisi sehingga memungkinkan tinta untuk dapat menyerap panas berlebihan sehingga dapat mengurangi terjadinya overheating.

Baca Juga : Langkah Mudah Cara Jual NFT di Binance Marketplace

Cara kerja Edgeshooter adalah mengeluarkan tinta dari samping heater sehingga berjarak panjang ke nozzle secara tradisional menimbulkan lebih sedikit pengulangan proses tapi tetesan yang dihasilkan lebih tepat. Cara kerja ini lebih sederhana dan biaya operasioan yang murah.

Kelebihan Printer Ink-Jet

  • Dpi dan ppm lebih tinggi dibandingkan printer Dot Matrix
  • Lebih mudah mencetak gambar dan warna
  • Kekuatan daya cetak tinggi dan kualitas bagus
  • Kualitas grafik yang sangat baik cocok untuk bidang multimedia

Nah, bisa dikatakan jika bentuk atau jenis printer yang menggunakan tinta toner adalah masuk dalam kategori printer non-impact yakni jenis printer Ink-Jet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *