Fungsi Private Cloud Dan Keunggulannya

Fungsi Private Cloud dan keunggulannya – Private cloud adalah lingkungan khusus yang memberikan keuntungan yang besar dalam hal skalabilitas, peningkatan pemanfaatan sumber daya, dan kemampuan mandiri dalam hal skalabilitas. Namun, semua ini dilakukan sambil mempertahankan server penyewa tunggal. Private cloud adalah area penyimpanan data yang dioperasikan oleh organisasi atau penyedia layanan hosting.

Private cloud juga dapat memberikan kontrol dan keamanan tingkat tinggi atas aplikasi, data, dan sistem serta menyediakan kelincahan yang serupa dengan jenis cloud lainnya. Private cloud adalah salah satu dari tiga jenis komputasi cloud yang tersedia saat ini, di samping cloud publik dan cloud hybrid. Layanan cloud publik sering disediakan oleh penyedia layanan cloud seperti IBM, Red Hat, Microsoft Azure, dan IDCloudHost Indonesia yang menyediakan komputasi, penyimpanan, dan layanan lainnya melalui internet.

Penjelasan Tentang Apa Itu Private Cloud

Private cloud adalah sebuah model komputasi yang dapat menawarkan lingkungan kepemilikan yang digunakan untuk keperluan dan kebutuhan satu entitas bisnis. Private cloud, sama seperti jenis awan lingkungan komputasi lainnya, dimana private cloud juga menyediakan sumber daya komputasi virtual yang diakses melalui komponen fisik yang dipasang di lokasi atau di pusat data.

Manfaat terpenting dari komputasi private cloud adalah peningkatan kontrol derajat yang diberikan kepada organisasi. Karena private cloud hanya dapat diakses oleh satu bisnis atau organisasi, ia memiliki kemampuan untuk mengkonfigurasi jaringan dan kemudian mengelolanya dengan cara yang unik untuk memenuhi kebutuhan komputasi perusahaan tertentu.

Strategi private cloud dibuat dari perangkat keras yang dihosting secara lokal di fasilitas yang dimiliki oleh bisnis, atau mungkin dihosting oleh penyedia layanan cloud. Private cloud Virtual biasanya dibeli dalam bentuk paket atau per tahun, tetapi perangkat keras dan konfigurasi penyimpanan tetap dapat mempertahankan manfaat dari jaringan eksklusif yang aman.

Fungsi Dan Keunggulan Private Cloud

Private cloud dapat memberikan nilai dan keuntungan bagi perusahaan dengan mengabstraksi proses komputasi dengan cara yang lebih efisien daripada virtualisasi tradisional. Jika Anda menggunakan private cloud, ada beberapa hal yang perlu anda ingat:

  • Keamanan, Kemudahan Dan Kepatuhan Akan Kontrol

Kepatuhan adalah yang terpenting untuk bisnis yang beroperasi di industri yang diatur secara ketat. Karena data sensitif disimpan di perangkat keras yang tidak dapat diakses oleh orang lain, infrastruktur cloud pribadi dapat menyediakan alat yang dibutuhkan organisasi untuk mematuhi hukum. Manfaat ini tersedia melalui pemasangan perangkat keras di lokasi serta hosting suatu layanan.

  • Kemampuan Kustomisasi

Private cloud dapat dikonfigurasi oleh organisasi mana pun yang menggunakan solusi dan layanan yang disebutkan di atas. Cloud yang sepenuhnya pertama dibangun oleh cloud langsung di tempat, yang melibatkan pemangku kepentingan dapat menentukan lingkungan yang diperlukan untuk menjalankan pemilik aplikasi. Private cloud hosting memberikan manfaat serupa, tetapi tidak mengharuskan pengaturan di lokasi. Dalam hal ini, mitra bisnis dengan penyedia untuk membuat dan mengelola cloud pribadi untuk penggunaan eksklusif.

  • Integrasi Hybrid

Ketika sebuah aplikasi membutuhkan sejumlah besar daya komputasi, hibridisasi mengubah private cloudi menjadi public cloud untuk meningkatkan efisiensi operasional tanpa memerlukan server fisik. Ini dapat menjadi hemat biaya untuk organisasi yang membutuhkan keamanan private cloud, namun masih ingin fungsi lain yang beroperasi dengan kekuatan layanan public cloud.

Penggunaan private cloud adalah cloud komputasi yang populer saat ini, dengan 89 persen organisasi menggunakan jasa personal cloud ini. Menurut survei State of the Cloud RightScale, tahun 2016 terjadi peningkatan yang signifikan dalam jumlah masalah yang terkait dengan penggunaan private cloud. Private cloud adalah jenis yang paling populer kedua, dengan tingkat adopsi 77 persen, diikuti oleh hybrid cloud dengan tingkat adopsi 71 persen.