Cloud Computing Adalah - Pengertian, Fungsi dan Jenis - Jenis Teknologi Cloud Computing

Cloud Computing Adalah – Pengertian, Fungsi dan Jenis – Jenis Teknologi Cloud Computing

Cloud Computing Adalah – Kebutuhan akan data memang menjadi sangat penting di dunia IT,khususnya untuk perusahaan atau startup yang bergerak dalam bidang teknologi dan digital. Untuk melakukannya, Anda memerlukan wadah atau lokasi di mana Anda dapat menyimpan banyak informasi dan data dalam sedikit ruang. Untuk mengatasi hal tersebut, muncul terobosan baru yang melibatkan pemanfaatan jaringan berbasis internet yang dikenal dengan cloud computing.

Pastinya Istilah ini sudah tidak asing bagi pengguna media internet saat ini. Sehingga, banyak orang lebih suka menggunakan perangkat lunak berbasis cloud daripada perangkat lunak tradisional.

Pengertian cloud computing

Cloud computing adalah merupakan istilahdari bahasa Inggris yang mengacu pada sistem komputer jarak jauh yang berarti komputasi awan. Kata ‘awan’ merupakan metafora dari internet. Definisi Cloud computing yang sebenarnya adalah sebuah proses pengolahan sistem daya komputasi melalui internet yang menghubungkan antara satu perangkat komputer dengan komputer lain, dalam waktu yang sama.

Baca Juga : Pengertian dan Cara Buat NFT Crypto Dengan Mudah

Sehingga, Cloud computing termasuk dalam teknologi yang menjadikan internet sebagai server center untuk mengelola data pengguna (user). Saat Anda menggunakan cloud computing, Anda tidak perlu menginstal perangkat lunak apa pun secara manual, dan Anda akan lebih mudah mengakses informasi melalui internet.

Fungsi cloud computing

Ada banyak fungsi yang dapat dilakukan cloud computing. Dan berikut ini merupakan 3 fungsi cloud computing untuk membantu aktifitas penggunanya :

1. Meningkatkan kapasitas penyimpanan data
Saat Anda menggunakan cloud computing, kapasitas penyimpanan Anda meningkat secara signifikan dibandingkan saat Anda menggunakan flash drive, hard drive, atau perangkat penyimpanan jenis lain. Dengan menggunakan koneksi internet, teknologi cloud dapat menyimpan berbagai informasi untuk Anda. Sehingga, informasi Anda akan disimpan dalam database internet yang menggunakan teknologi big data. Google Cloud adalah contoh yang baik dari penggunaan penyimpanan berbasis cloud.

2. Meningkatkan kinerja stakeholder
Fungsi yang kedua dari cloud computing adalah meningkatkan kinerja stakeholder, dengan memanfaatkan penyimpanan berbasis cloud, kinerja dari setiap pemangku kepentingan akan menjadi lebih produktif dan optimal. setiap tim atau departemen dapat bekerja sama untuk tujuan tertentu. jumlah waktu dan dapat mengelola sumber daya yang tersedia.

3. Mendapatkan pembaharuan sistem secara berkala (up to date)
Fungsi ketiga cloud computing adalah keunggulan dan ciri khas cloud computing. Dalam hal ini, untuk menjawab berbagai persoalan dan mengikuti tren terkini di era digital, sistem akan terus melakukan pencarian berbasis data.

Tujuan dari pembaruan ini adalah untuk meningkatkan keamanan dan kemudian meningkatkan fitur untuk memberikan layanan yang lebih baik kepada pengguna internet di seluruh dunia. Hasilnya, setiap proses penyimpanan menjadi lebih aman, efisien, dan memiliki tingkat kredibilitas yang lebih tinggi.

Jenis – jenis cloud computing

1. Public cloud
public cloud computing adalah penyimpanan data dan informasi di media internet dengan model layanan yang menggunakan hak akses secara publik. Artinya, Anda dapat menggunakan fitur atau layanan apa pun secara gratis tanpa harus membayar biaya.

Baca Juga : Freelance Writer Adalah ? Pengertian dan Tips Menjadi Freelance Writer Sukses

Contoh public cloud computing yang baik adalah media sosial, seperti Facebook, Twitter, Instagram, YouTube, dan situs serupa lainnya. Lalu, untuk layanan berbasis email, ada Gmail, Yahoo, dan Hotmail. Namun, public cloud juga memiliki kelemahan, yaitu sistem keamanan data yang mudah diatur dan digunakan, serta kemampuan untuk menyimpan dan menjual data pribadi.

2. Private cloud
Private cloud computing adalah penggunaan cloud teknologi untuk kepentingan suatu organisasi atau perusahaan yang bersifat privat. Secara umum digunakan untuk memenuhi kebutuhan bisnis agar komunikasi antar tim lebih mudah dan cepat.

Penerapannya ini hanya dapat diberikan oleh stakeholder dalam satu perusahaan atau organisasi. Akibatnya, komputasi awan pribadi memiliki sistem keamanan yang lebih aman daripada komputasi awan publik.

3. Community cloud
Community cloud computing adalah sistem penyimpanan cloud yang digunakan untuk kepentingan komunitas atau institusi. Community cloud dapat dibuat secara internal atau dengan bantuan vendor pihak ketiga, memungkinkan Anda mengurangi jumlah uang yang Anda belanjakan dan menghindari terjerat oleh dua pihak lainnya.

4. Hybrid cloud
Hybrid cloud computing adalah kombinasi private dan public cloud computing, yang biasanya ditampilkan pada sebuah institusi. Layanan ini juga berlaku untuk transaksi Business to Business (B2B) dan Business to Consumer (B2C) (B2C).

Kata PencarianSaas Adalah Salah Satu Layanan Dari Cloud Computing Yang Private Cloud Computing Adalah Cloud Sistem Adalah Computing Adalah Teknologi Cloud Adalah Manfaat Cloud Computing Adalah Cloud Computing Adalah Manfaat Dari Cloud Computing Adalah Cloud Teknologi A