Mobile Computing Adalah

Manfaat Mobile Computing

Manfaat Mobile Computing – Mobile computing adalah seperangkat benda atau teknologi yang memiliki sistem secanggih yang dikenal sebagai komputer bergerak (portable computer) dan mampu melakukan komunikasi dengan jaringan nirkabel atau tanpa kabel walaupun pengguna atau pengguna alat ini sedang melakukan perpindahan. Mobile computing juga merupakan teknologi yang memungkinkan pengguna untuk mengatur sistem distribusi data saat bepergian dan menghubungkan kembali ke lokasi jaringan yang berbeda.

Manfaat Mobile Computing

Tentunya, ada banyak sekali keunggulan dari pemanfaatannya dalam fitur dan konsep kerja yang diberikan, dan berikut manfaat mobile computing adalah :

  • Menyediakan konektivitas real-time dan akses ke sumber daya setiap saat
  • Dapat berinteraksi dengan pengguna melalui jaringan internet, yang sangat berguna untuk membangun relasi bisnis dengan pelanggan dan interaksi sosial lainnya.
  • Pembangunan penggunaan dapat disesuaikan secara pribadi dan sesuai dengan apa yang benar-benar dibutuhkan.
  • Tingkatkan produktivitas dengan menggunakan daya dukung yang luar biasa dalam kaitannya dengan beberapa instrumen.
  • Dukungan cloud computing di mana data disimpan di server yang dapat diakses kapan pun dibutuhkan.
  • Bisa menjadi media hiburan yang sangat menyenangkan.

Jenis-jenis Mobile Computing

Jika kalian sudah mengetahui pengertian serta manfaat dari mobile computing, berikut ini merupakan jenis-jenis mobil computing adalah :

  • Smartphone

Perangkat elektronik yang dapat dibawa-bawa dan tidak perlu kabel untuk menghubungkan jaringan komputer. Dengan kata lain, smartphone adalah komputer kecil dengan kemampuan kamera. GSM (Global System for Mobile Telecommunications) dan CDMA (Code Division Multiple Access) adalah dua jaringan smartphone yang paling umum.

  • Laptop

Laptop atau yang sering disebut dengan komputer notebook adalah komputer berukuran kecil dengan berat antara 1-6 kg. Hamparan laptop memiliki fungsi yang sama dengan komputer desktop; satu-satunya perbedaan adalah ukuran layar. Hampir semua laptop memiliki layar LCD dengan ukuran mulai dari 10 hingga 17 inci. Fitur terpenting dari sebuah laptop adalah ukurannya yang kecil, kemudahan penggunaan, dan efisiensi energi. Karena banyaknya fasilitas yang disertakan dengan laptop, harga laptop lebih mahal daripada komputer desktop.

  • PDA (Personal Digital Assitant)

elektronik berbasis komputer yang dapat dibawa kemana saja Touchscreen merupakan ciri khas PDA. Pada awalnya, itu digunakan untuk mengorganisasi diri sendiri, namun, seiring berjalannya waktu, jumlah waktu yang dihabiskan menggunakan PDA meningkat, termasuk memeriksa e-mail, mengakses internet, bermain game, menggunakan GPS, menonton video, dan terhubung ke jaringan nirkabel.

Kelebihan Mobile Computing

  • Extreme Personalization

Mobile Computing telah menjadi alat yang sangat penting bagi orang-orang. Hal ini diumpamakan oleh kalimat ponsel dompet dan kunci motor, yang berarti ponsel yang termasuk mobile computer sama pentingnya dengan dompet dan kunci motor. Karena pentingnya itu, mobile computer kerap dipakai untuk menyimpan segala informasi pribadi.

  • Pengaksesan Informasi Setiap Saat Dan Dimanapun

Karena sifatnya yang portabel dan kemampuannya untuk digunakan dimanapun dan kapanpun, Mobile Computing dapat digunakan untuk bekerja, berbelanja, atau bermain game secara online, selama terhubung dengan internet. Hal ini tentunya akan sangat memanjakan bagi pengguna mobile computer.

  • Kompatible Yang Tinggi Dengan Teknologi Lain

Karena kecanggihan yang disebutkan di atas, mobile computer compatible dengan teknologi lain, memungkinkan mereka untuk memanfaatkan teknologi lain demi kemudahan sang pemakai. Cocok untuk daerah yang belum ada infrastruktur

Kelemahan Mobile Computing

  • Kurangnya Bandwith

Jika dibandingkan dengan koneksi kabel, akses internet pada peralatan biasanya lebih cepat, berkat teknologi seperti GPRS, EDGE, dan 3G. LAN nirkabel dengan kecepatan tinggi tidak mahal, namun memiliki rentang yang sangat terbatas.

  • Gangguan Transmisi

Faktor-faktor yang menyebabkan gangguan sinyal pada mobile computing, seperti cuaca dan mobile computing dengan sinyal pemancar titik terdekat. Selain itu, penerimaan sinyal di dalam terowongan, di beberapa gedung, dan di pedesaan sering kali buruk.

  • Konsumsi Tenaga

Jika generator portabel tidak tersedia, komputer mobile harus bergantung sepenuh padanya daya baterai. Dengan kata lain baterai yang mahal harus digunakan agar masa pakai baterai yang diperlukan.

  • Potensi Terjadinya Kecelakaan

Banyaknya kendaraan yang mengalami kecelakaan, baik mobil maupun motor, disebabkan oleh pengendaranya yang menggunakan handphone saat kendara. Selain itu penggunaan handphone dalam jangka waktu lama juga dapat mengakibatkan gangguan kesehatan.

  • Antarmuka Pengguna Dengan Alat

Ukuran keyboard Layard yang kecil membuat peralatan sulit digunakan. Input alternatif, seperti input suara atau tulisan tangan pengenalan, memerlukan pelatihan tambahan untuk digunakan.

Kata PencarianApa manfaat mobile computing ?Cloud Servermobile computingMobile Computing Adalah