Mengenal Lebih Dalam Lagi Tentang Cloud Storage
Mengenal Lebih Dalam Lagi Tentang Cloud Storage

Mengenal Lebih Dalam Lagi Tentang Cloud Storage

Mengenal lebih dalam lagi tentang cloud storage – Sekarang bukan zamannya lagi untuk mengandalkan hardisk atau pun flashdisk sebagai media penyimpanan data. Semenjak perkembangan internet semakin meningkat, media penyimpanan pun kini menawarkan alternatif baru yaitu cloud storage. Yang mana media penyimpanan cloud storage ini berkaitan erat dan sangat mengandalkan jaringan internet. Sebagai media penyimpanan onlinecloud storage telah menawarkan berbagai kelebihan yang tentunya akan sangat menguntungkan Anda. Nah untuk mengenal lebih dalam lagi tentang cloud storage, silahkan Anda simak penjelasan selengkapnya berikut ini.

Mengenal Lebih Dalam Lagi Tentang Cloud Storage

Cloud storage merupakan suatu media penyimpanan file berbasis online atau digital yang mengandalkan koneksi internet untuk akses data. Cloud storage ini merupakan terobosan baru dalam dunia storage atau pun penyimpanan data, yang menonjolkan banyak kelebihan jika dibandingkan dengan media simpan offline seperti hardisk dan juga flashdisk. Jadi, data yang disimpan ke dalam cloud storage akan disimpan di sejumlah server yang telah dikelola oleh pihak penyedia layanan atau yang biasa disebut dengan hosting.

Menyimpan file menggunakan cloud storage pun, saat ini lebih diminati karena berbagai alasan. Jadi Anda tidak perlu khawatir dengan serangan virus atau pun kerusakan seperti yang bisa terjadi saat Anda menyimpan file melalui hardisk atau pun flashdisk. Selain itu, karena seluruh data disimpan ke dalam server, maka keamanannya pun juga akan lebih terjamin dan tidak mungkin hilang. Dan semua data yang Anda simpanpun juga dapat diakses sewaktu-waktu. Ditambah lagi data tersebut juga dapat Anda akses melalui perangkat gadget apa saja, asalkan terkoneksi dengan internet.

Layanan penyimpanan data menggunakan cloud storage ini, juga bisa Anda dapatkan secara gratis dengan kapasitas yang telah ditentukan. Jika Anda menginginkan ruang penyimpanan yang lebih besar, maka Anda bisa menggunakan layanan cloud storage berbayar sesuai dengan kebutuhan Anda. Perkembangan cloud storage pun kini semakin bekembang pesat. Adapun beberapa contoh media cloud storage yang sangat populer saat ini ialah Google Drive, iCloud, OneDrive dan juga Dropbox.

  • Cara Kerja Cloud Storage

Proses penyimpanan data ke media penyimpanan cloud storage ini, juga dapat diartikan dengan mengirim salinan ke penyedia layanan cloud atau pun hosting lewat jaringan internet. Yang selanjutnya, server akan memberikan Anda akses untuk mendownload atau pun melakukan perubahan saat Anda ingin membuka data-data Anda tersebut. Yang mana biasanya layanan cloud storage ini tidak hanya mengandalkan satu server saja, dan sebagian besar aplikasi pada cloud storage ini juga tidak perlu melakukan instalasi, karena telah terpasang pada media internet, contohnya saja seperti Google Drive. Dimana, Anda hanya perlu menyiapkan koneksi internet, kemudian membuat akun untuk bisa menggunakan Google Drive. Seperti yang telah Anda ketahui bahwa, Google Drive ini dibawa oleh salah satu perusahaan besar yaitu Google Inc, maka yang bertindak sebagai server ialah pihak Google itu sendiri.

  • Keuntungan Menggunakan Cloud Storage

Nah, setelah Anda mempelajari tentang pengertian dan juga cara kerja dari cloud storage, sekarang saatnya untuk Anda mengetahui apa saja keuntungan yang bisa Anda peroleh jika memilihnya. Dengan menggunakan cloud storage ini, maka resiko kerusakan atau kehilangan data sangat kecil karena data disimpan oleh hosting ke dalam server. Pemakaian cloud storage ini, juga tidak membutuhkan perangkat keras apa pun, karena cloud storage hanya mengandalkan koneksi internet untuk bisa mengaksesnya. Sekarang ini banyak sekali media penyimpanan online yang tidak dipungut biaya, sehingga secara finansial akan sangat membantu Anda untuk menghemat budget. Cloud storage ini juga merupakan suatu media penyimpanan yang sangat ramah lingkungan, karena tidak membutuhkan perangkat sehingga tidak akan meninggalkan limbah.