Tips Mudah Membuat Desain Amplop Di Microsoft Word
Tips Mudah Membuat Desain Amplop Di Microsoft Word

Tips Mudah Membuat Desain Amplop Di Microsoft Word

Tips mudah membuat desain amplop di Microsoft word – Aplikasi Microsoft Word ini telah menyediakan fitur yang memungkinkan penggunanya, untuk membuat dan merancang desain amplop sendiri. Dengan bantuan dari Word ini, Anda tidak perlu mengeluarkan sejumlah dana hanya untuk memesan amplop sesuai yang Anda inginkan. Untuk Anda yang masih awam dengan Microsoft word, kami akan jelaskan kepada Anda tentang tips mudah membuat desain amplop di Microsoft word berikut ini.

Tips Mudah Membuat Desain Amplop Di Microsoft Word

  1. Langsung saja Anda buka aplikasi Microsoft Word di perangkat Anda
  2. Setelah itu klik pada tab File.
  3. Kemudian klik Opsi dan klik pada Tingkat Lanjut.
  4. Lalu gulir ke arah bawah, kemudian di bagian bawah Umum, silahkan Anda ketikan alamat pengirim pada kotak Alamat Surat.
  5. Maka nantinya Microsoft Word akan menyimpan alamat pengirim, agar bisa digunakan setiap Anda ingin menyisipkannya pada label, amplop atau dokumen lain. Kemudian Anda klik OK.
  6. Sebelum melanjutkan pencetakan pada amplop, Anda harus memverifikasi opsi printer tersebut, apakah sudah disiapkan dengan baik ataukah belum.
  7. Kemudian pada tab Surat di dalam grup, silahkan Anda pilih Buat dan klik Amplop.
  8. Lalu pilih “Opsi” lalu klik tab “Opsi Amplop”
  9. Selanjutnya pada kotak “Ukuran Amplop” silahkan Anda klik pada pilihan yang sesuai dengan ukuran amplop, jika tidak ada yang sesuai, maka Anda tinggal gulir ke bawah kemudian klik Ukuran Kustom.
  10. Kemudian ketikkan dimensi amplop pada kotak “Lebar” serta “Tinggi”
  11. Lalu Anda klik pada tab Opsi Pencetakan

Nantinya driver printer akan memberi tahu desain amplop di word yang akan Anda masukkan ke printer. Yang mana informasi ini akan ditampilan dalam tab Opsi Pencetakan pada kotak dialog Opsi Amplop. Adapun cara pemasukkan nantinya akan menentukan posisi dari amplop yaitu kanan, tengah atau kiri. Selain itu, cara pemasukkan tersebut juga akan menentukan apakah Anda menggunakan tepi panjang atau kah tepi pendek.

Nantinya amplop tersebut bisa menghadap ke atas atau bawah sesuai keinginan Anda. Adapun muka amplopnya ialah sisi dari tempat yang akan dicantumkan alamatnya. Jika tepi pendek amplop masuk lebih dulu, maka bisa Anda putar agar teks tidak dibatasi terbalik. Setelah itu, silahkan Anda masukkan amplop seperti yang tertera pada kotak dialog, setelah itu Anda klik OK serta ketik contoh teks pada kotak Alamat Pengiriman. Lanjut dengan mengklik Cetak agar amplop tersebut bisa dicetak.

Jangan lupa tuk menverifikasi kembali, apakah amplop sudah dicetak dengan tepat atau kah belum. Jika memang amplop tersebut tidak tercetak dengan baik, maka salah satu cara membuat desain amplop di word ini bisa Anda lakukan :

  1. Coba Anda lihat pada informasi printer, untuk melihat cara memasukkan amplop ke printer.
  2. Kemudian perbarui kembali driver printer yang Anda miliki.
  3. Setelah itu kembali ke tab “Opsi Pencetakan” di kotak dialog Opsi Amplop.
  4. Kemudian sesuaikan opsi pencetakannya dan cetak amplopnya kembali.
  5. Silahkan Anda ulangi terus, sampai Anda memperoleh hasil yang sesuai dengan keinginan Anda.
  6. Pada tab Surat di dalam grup silahkan Anda klik “Buat”
  7. Kemudian Anda klik alamat surat.
  8. Pada kotak Alamat Pengiriman tersebut,  silahkan Anda ketik alamat suratnya. Jika Anda ingin menggunakan alamat pada buku alamat elektronik yang sudah terinstall, maka Anda tinggal klik “Sisipkan Alamat”
  9. Jika Anda ingin memformat teks, maka Anda tinggal pilih teks, kemudian klik kanan teks yang dikehendaki, setelah itu Anda klik Font pada menu pintasan.
  10. Kemudian pada kotak Alamat Pengirim, silahkan Anda ketik alamat pengirim atau memakai alamat yang sudah dikonfigurasi. Jika Anda memakai alamat di alamat buku elektronik yang telah terinstall, maka Anda tinggal klik Sisipkan Alamat.
  11. Jika Anda ingin menyimpan alamat pengirim untuk dipakai berikutnya tetapi tidak memakai amplop yang sekarang, maka silahkan Anda centang kotak Hilangkan.
  12. Jika Anda memiliki akses ke perangko elektronik, maka bisa juga Anda tambahkan ke amplop. Dengan cara mencentang kotak tambahkan Perangko Elektronik. Jika Anda belum punya, maka Anda bisa menginstallnya di situs resmi.