Tips Menghitung Engagement Rate Postingan Di Instagram
Tips Menghitung Engagement Rate Postingan Di Instagram

Tips Menghitung Engagement Rate Postingan Di Instagram

Tips Menghitung Engagement Rate Postingan Di Instagram – Engagement rate adalah suatu metrik yang digunakan untuk mengukur bagaimana pengguna berinteraksi dengan konten atau akun Instagram Anda. Engagement rate ini sangat penting sekali, apalagi untuk Anda yang memiliki akun bisnis ataupun seorang kreator konten yang berguna untuk melihat interaksi pengikut Anda dengan postingan yang telah diunggah. Yang mana engagement rate ini kebanyakan dihitung berdasarkan akun yang menyukai, berkomentar, dan juga membagikan postingan Anda. Tujuan penghitungan ini sendiri ialah agar Anda bisa mengembangkan konten dan mengetahui seberapa banyak jangkauan dari postingan Anda tersebut.

Ada 2 jenis perhitungan engagement rate Instagram yang biasa Anda lakukan, yang pertama ialah engagement rate akun dan yang kedua ialah engagement rate postingan. Engagement rate postingan sendiri bertujuan untuk melihat suatu performa postingan yang sudah Anda unggah, sehingga tim-pun dapat memaksimalkan maupun melakukan audit konten yang sudah ada. Dan untuk menghitung engagement rate postingan Instagram, Anda juga harus memperhatikan rumusnya. Berikut ini penjelasan selengkapnya tentang cara untuk menghitung engagement rate pada postingan di Instagram Anda.

Tips Menghitung Engagement Rate Postingan Di Instagram

  1. Langkah pertama ialah Anda harus memastikan terlebih dahulu kalau akun Instagram Anda merupakan akun bisnis
  2. Kemudian pilihlah salah satu postingan
  3. Dan lihatlah jumlah komentar dan like yang tertera pada postingan Anda tersebut
  4. Setelah itu gunakan rumus engagement rate = (likes + comments) / followers X 100 Sebagai contoh, Anda memiliki satu postingan dengan jumlah likes sebanyak 2.243 dan ada 100 komentar. Serta jumlah followersnya yang mencapai 19.000. (2.243 + 100) / 19.000 = 2.343 / 19.000 = 0.1233 x 100 = 12.33 persen engagement rate postingan Instagram.

Adapun keuntungan yang Anda dapatkan ketika mengetahui engagement rate postingan Instagram ialah:

  1. Anda dapat mengetahui minat audiens  Dengan menghitung engagement rate postingan
  2. Anda juga bisa mengetahui apa spesifik minat audiens dari pengikut-pengikut Instagram Anda.
  3. Anda juga dapat mengetahui postingan ataupun konten mana yang lebih Anda sukai dan memiliki jangkauan yang lebih banyak.
  4. Dengan Relevansi Tingkat keterlibatan yang tinggi, maka bisa menjadi salah satu indikator postingan Anda relevan dengan target audiens yang dituju.
  5. Dengan begitu dapat menjadi acuan bagi Anda, untuk meningkatkan performa postingan Instagram menjadi lebih baik lagi.