Cara Cek Dead Pixel MacBook

Cara Cek Dead Pixel MacBook

cara cek dead pixel macbook – Kamu yang punya MacBook, pasti ingin layar tampil sempurna, kan? Tapi, kadang-kadang, kamu mungkin menemukan masalah seperti piksel yang mati. Piksel mati ini bisa bikin layar kamu ada bintik-bintik yang nggak nyala. Untuk memastikan layar MacBook kamu bersih dari piksel mati, kami punya beberapa saran tes yang bisa kamu coba.

Cara Cek Dead Pixel MacBook dengan Warna Dasar

Cara Cek Dead Pixel MacBook dengan Warna Dasar

Salah satu metode untuk mengidentifikasi piksel mati di layar MacBook kamu adalah dengan uji warna dasar. Ikuti langkah-langkah ini untuk melakukannya:

1. Buka “Finder” di MacBook kamu.
2. Masuk ke folder “Applications”.
3. Temukan dan buka “Utilities”.
4. Jalankan “Color LCD”.
5. Pilih “White” di layar.
6. Ulangi proses untuk warna merah, hijau, dan biru.
7. Amati layar MacBook kamu untuk piksel mati.

Cara Kedua: Uji dengan Pixel Tester

Kamu juga bisa memakai Pixel Tester untuk mencari piksel mati. Aplikasi ini memudahkan kamu dalam pencarian. Begini caranya:

1. Buka “App Store” di MacBook kamu.
2. Cari “Pixel Tester”.
3. Download dan pasang di MacBook kamu.
4. Buka Pixel Tester dan pilih “Full Screen”.
5. Periksa layar untuk piksel mati.

Cara Ketiga: Uji dengan JScreenFix

JScreenFix bisa bantu kamu memperbaiki piksel mati. Aplikasi ini kerjanya dengan menggerakkan piksel di layar. Ikuti langkah-langkah ini:

1. Buka “App Store”.
2. Cari “JScreenFix”.
3. Download dan pasang.
4. Jalankan dan pilih “Fix my screen”.
5. Biarkan berjalan sampai piksel mati diperbaiki.
6. Cek layar untuk memastikan perbaikannya.

Cara Keempat: Uji dengan Dead Pixel Detect and Fix

Dead Pixel Detect and Fix juga bisa kamu gunakan untuk menemukan dan memperbaiki piksel mati. Caranya gampang:

1. Buka “App Store”.
2. Cari dan pasang “Dead Pixel Detect and Fix”.
3. Jalankan dan pilih “Detect”.
4. Tunggu sampai piksel mati terdeteksi.
5. Jika ada, pilih “Fix”.
6. Pastikan layar sudah baik.

Mengecek layar MacBook secara berkala itu penting banget buat memastikan semuanya oke. Dengan mengikuti cara-cara di atas, kamu bisa dengan gampang mengecek dan memperbaiki piksel mati. Tapi, kalau layar MacBook kamu masih bermasalah, mending dibawa ke servis resmi Apple ya, biar dicek lebih lanjut.

Perhatikan 5 Hal Ini Sebelum Beli MacBook Bekas

Ketika kamu tengah mencari Macbook bekas, kualitasnya yang terkenal memang menjadi daya tarik utama. Bagi kamu yang selalu bergerak, Macbook bisa jadi teman setia karena performanya yang cepat dan lancar untuk segala aktivitas kerja atau kuliah.

Yang menarik, Macbook punya daya tahan yang luar biasa, bisa sampai 10 tahun dari tanggal produksinya. Ini terbukti dari banyaknya Macbook produksi 2010-2012 yang masih layak pakai di pasaran.

Harganya yang stabil di pasaran menunjukkan kualitas Macbook yang tak diragukan. Jika kamu berminat untuk meminang Macbook bekas, ingatlah lima tips ini:

1. Waspadai Macbook dengan Dead Pixel dan White Spot

Layar Macbook yang cemerlang kadang membuat pengguna tak sadar adanya dead pixel atau white spot. Ini adalah cacat pada LCD yang bisa merambat ke area lain.

Karena biaya perbaikan LCD Macbook yang tinggi, lebih baik hindari risiko ini. Kamu bisa cek dengan menampilkan warna merah, hijau, biru, atau putih untuk mendeteksi masalah tersebut.

2. Periksa FCC, Cycle Count, dan Kondisi Baterai

Baterai adalah jantung dari Macbook. Jangan hanya fokus pada Cycle Count (CC), tapi juga Full Charge Capacity (FCC) yang menunjukkan kapasitas daya maksimal baterai.

Setiap model Macbook punya FCC yang berbeda. Misalnya, Macbook Air 2011-2017 idealnya punya FCC sekitar 6000, sedangkan yang keluaran 2018 ke atas sekitar 4000.

Apple menyarankan CC tidak lebih dari 1000. Pilihlah Macbook bekas dengan CC maksimal 500 untuk menghindari penggantian baterai dalam waktu dekat.

Cek juga kondisi baterai di system information. Pastikan statusnya “normal”. Jika tertulis “service battery” atau “replace soon”, sebaiknya cari yang lain.

3. Jalankan Apple Hardware Test (AHT)

Ini penting untuk memastikan tidak ada kerusakan hardware. Lakukan AHT dengan mematikan Macbook dan cabut semua perangkat eksternal.

Hidupkan kembali sambil menekan tombol D. Ikuti instruksi untuk memilih bahasa dan jalankan tes. AHT akan mendeteksi masalah pada logic board, memori, dan komponen lain.

4. Cek Nomor Seri Macbook

Pastikan Macbook yang kamu beli bukan barang palsu dengan memeriksa nomor serinya. Bandingkan nomor seri pada mesin dengan yang ada di menu “About Mac”.

5. Kondisi Fisik Macbook Juga Berperan

Sebagai langkah terakhir, kami menyarankan kamu untuk memeriksa kondisi fisik dari Macbook tersebut. Mulailah dengan menginspeksi setiap pojok untuk melihat apakah terdapat goresan, penyok, atau tanda-tanda bahwa perangkat telah terjatuh. Selanjutnya, periksa bagian atas untuk memastikan tidak ada goresan tambahan atau residu stiker yang bisa mengganggu.

Lalu, pastikan untuk memeriksa bagian bawah dan memastikan semua sekrup masih ada dan tidak ada yang hilang. Jangan abaikan pemeriksaan interior untuk mengecek kebersihan dan adanya kemungkinan lecet.

Meskipun banyak yang menganggap kondisi fisik bukanlah hal yang utama dan lebih mementingkan performa, namun melalui kondisi fisik, kita bisa menggali informasi tentang bagaimana Macbook tersebut dirawat oleh pemilik sebelumnya.

Itulah lima aspek penting yang perlu kamu amati ketika berencana membeli Macbook bekas. Membeli perangkat elektronik bekas tidaklah selalu negatif, malah bisa menjadi keputusan yang bijaksana asalkan kamu melakukan inspeksi yang mendetail pada barang yang akan kamu beli.

Siapa tahu, kamu bisa mendapatkan perangkat elektronik yang masih prima dengan harga yang lebih terjangkau? Ingatlah untuk selalu menerapkan tips yang telah kami bagikan ini sebelum kamu memutuskan untuk membeli Macbook bekas.