Cara Kalibrasi Baterai Iphone
Cara Kalibrasi Baterai Iphone

Cara Kalibrasi Baterai Iphone

Cara kalibrasi baterai iphone – Apakah Anda merasa kinerja baterai pada ponsel iPhone milik Anda sudah mulai terganggu? Jika benar iya, maka cara kalibrasi baterai iPhone berikut perlu Anda coba. Yang mana secara umum, kalibrasi dijadikan alternatif untuk memulihkan kinerja baterai ponsel, terkhusus stabilitas daya di dalamnya.

Seperti yang diketahui, bahwa baterai merupakan komponen terpenting bagi ponsel. Karena, baterai menyimpan daya agar ponsel dapat beroperasi secara optimal. Penurunan kinerja baterai pada ponsel nyatanya tidak hanya dipengaruhi oleh frekuensi penggunaan yang tinggi saja, melainkan dapat dialami pula pada ponsel yang sangat jarang digunakan.

Pada ponsel berbasis iOS, kalibrasi ulang pada baterai sangat erat kaitannya dengan sistem pelaporan kesehatan baterai pada ponsel tersebut. Menyadur laman bantuan Apple, kalibrasi ulang untuk kapasitas maksimum serta kemampuan kinerja puncak akan terjadi seiring siklus pengisian daya reguler.
Dan jika prosesnya berhasil, maka pesan kalibrasi ulang pada ponsel akan hilang. Selain itu, persentase kapasitas maksimum pada baterai ponsel akan diperbarui. Berikut ini penjelasan selengkapnya tentang cara kalibrasi baterai iphone.

Cara Kalibrasi Baterai Iphone

Ada beberapa langkah yang perlu Anda perhatikan saat mengkalibrasi baterai pada iPhone. Yang mana langkah-langkah berikut harus dilakukan secara berturut agar proses kalibrasinya berhasil dilakukan. Sebagai catatan, sebelum Anda memulai kalibrasi baterai, ada baiknya jika Anda mematikan beberapa fitur seperti GPS, kecerahan layar, hingga update otomatis-nya. Jika fitur-fitur tersebut sudah Anda nonaktifkan, maka ikutilah langkah-langkah kalibrasi batrai iPhone berikut ini :

  • Pastikan baterai ponsel Anda sudah dalam keadaan kosong, hingga mati dengan sendirinya
  • Kemudian setelah itu, isilah daya baterai iPhone hingga penuh atau dalam kondisi 100 persen. Teruskan pengisian daya iPhone walaupun daya-nya telah penuh hingga kurang lebih 2 jam lamanya.
  • Setelah itu silahkan Anda habiskan daya baterai pada iPhone tersebut, hingga mati dengan sendirinya, dan tunggu hingga 3 jam. Sebagai catatan, jangan sekali-kali menghidupkan ponsel iPhone Anda.
  • Isi kembali daya baterai iPhone Anda hingga penuh dan diamkan selama 2 jam lamanya, dengan kondisi charger masih tersambung. Ingat, jangan hidupkan ponsel iPhone Anda selama durasi tersebut.
  • Lalu lepaskanlah charger dan aktifkan kembali ponsel serta berbagai fitur yang sebelumnya Anda nonaktifkan.
  • Nah, proses kalibrasi baterai iPhone Anda sudah berhasil dilakukan.

Waktu Yang Tepat Melakukan Kalibrasi Baterai

Secara umum, kalibrasi baterai pada ponsel iPhone maupun Android ini, sebenarnya dapat dilakukan setiap 2 atau 3 bulan sekali. Menurut laman bantuan Apple, kalibrasi baterai harus dilakukan apa bila muncul pesan untuk segera melakukan kalibrasi. Jika lebih dari itu, Anda harus menyadari sejumlah indikasi terganggunya kinerja baterai iPhone. Di antaranya, penurunan kapasitas yang signifikan, persentase baterai tidak bertambah dalam waktu yang lama saat pengisian daya dilakukan, baterai iPhone akan lebih cepat habis, sehingga frekuensi pengisian dayanya berulang kali dalam satu hari.