Cara Backup Data Iphone Ke Laptop
Cara Backup Data Iphone Ke Laptop

Cara Backup Data Iphone Ke Laptop

Cara backup data iphone ke laptop – Backup data merupakan salah satu cara yang tepat untuk menjaga keamanan data pada ponsel iPhone Anda. Yang mana ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk backup, salah satunya ialah dengan menggunakan laptop atau PC. Adapun cara backup data iPhone ke laptop berikut ini terbilang sangat mudah.

Cara Backup Data Iphone Ke Laptop

Melakukan backup data pada perangkat iPhone ini, sedikit berbeda dengan ponsel yang berbasis Android. Yang mana kalau ponsel Android hanya membutuhkan copy-paste untuk menyalin data ke komputer, sedangkan kalau ponsel iPhone membutuhkan cara yang sedikit berbeda yaitu :

  • Backup Data Melalui iTunes

iTunes merupakan salah satu perangkat lunak yang mulanya digunakan untuk memutar musik atau pun mengunduh aplikasi. Akan tetapi saat ini iTunes juga berfungsi sebagai perangkat cadangan untuk menyimpan data file pada ponsel iPhone. Sehingga dengan fungsi baru tersebut, iTunes dapat digunakan sebagai perantara untuk menyimpan data baik di komputer maupun media penyimpanan lainnya. Kabar baiknya, pencadangan data juga dapat dilakukan secara offline, jika hendak memindahkan data ke komputer. Berikut ini cara backupp data melalui iTunes :

  1. Silahkan Anda buka aplikasi iTunes di laptop, kemudian sambungkan perangkat iPhone menggunakan dengan kabel data. Verifikasi mungkin dibutuhkan, ikuti langkah yang tertera pada layar iPhone Anda.
  2. Setelah Anda berhasil masuk ke iTunes, maka pilihlah perangkat yang tersedia. Jika iTunes tidak mengenali perangkat Anda, maka silahkan Anda kunjungi bantuan Apple.
  3. Kemudian klik menu Summary yang terletak pada panel di bagian kiri layar.
  4. Lalu pada panel sebelah kanan, pilihlah This Computer yang berada di bawah judul Backup.
  5. Jangan lupa Anda centang kotak pada Encrypt iPhone backup. Karena dengan mencentang kotak tersebut, data Anda akan dienkripsi sehingga aman dari pihak ketiga. Gunakan sandi yang mudah untuk Anda ingat, agar bisa membuka kode enkripsi saat dibutuhkan.
  6. Kemudian klik tombol Backup Now di bagian kanan layar iPhone.
  7. Dan tunggu hingga proses backupnya selesai.

Untuk memastikan kalau backup telah berhasil, maka silahkan Anda periksa bagian Latest Backups. Yang mana di bagian tersebut akan muncul waktu dan tanggal terakhir kali backup data dilakukan.

  • Backup Data Melalui iCloud

Selain melalui iTunes, backup data iPhone juga bisa dilakukan melalui iCloud. Yang mana iCloud merupakan suatu media penyimpanan berbasis cloud yang diluncurkan oleh Apple. Karena media penyimpanan ini berbasis cloud, maka ponsel iPhone pun harus terhubung dengan jaringan internet selama proses backup dilakukan. Adapun cara backup data iPhone ke laptop melalui iCloud berikut ini cukup sederhana, akan tetapi dibutuhkan dua kali kerja. Yang mana pertama-tama, backup data ke iCloud menggunakan ponsel iPhone, kemudian unduh data ke perangkat laptop, dan berikut langkah-langkah yang harus Anda lakukan:

  • Silahkan Anda hubungkan iPhone dengan koneksi Wi-Fi agar proses backup berjalan lancar.
  • Kemudian masuk ke menu Pengaturan pada ponsel, lalu pilih iCloud.
  • Setelah itu ketuk Cadangan iCloud, lalu arahkan slide ke samping kanan untuk mengaktifkan cadangan iCloud.
  • Lalu pilih Cadangkan Sekarang untuk memulai proses backup data.
  • Dan Anda tinggal menunggu hingga proses backup selesai.